Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

4 Jul 2013

8 TIPS MEMILIH DAN MEMBELI LAPTOP atau NOTEBOOK BERKUALITAS SIIP

Mau membeli laptop/ notebook baru atau bekas?. Saat akan membeli laptop, terkadang kita bingung, produk mana yang akan kita beli, karena banyaknya merk juga harga dan spesifikasi laptop yang begitu banyak dan bermacam-macam. Lantas, langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan jika mau membeli laptop/ notebook baru atau bekas? Berikut ini saya coba untuk mengulas beberapa 8 tips memilih dan membeli laptop/ notebook berkualitas dan cocok untuk anda.
  1. Pilih jenis laptop/ notebook sesuai  kebutuhan. Spesifikasi laptop yang di butuhkan oleh mahasiswa tentu saja berbeda dengan yang di butuhkan oleh pengusaha. Begitu juga jika anda hendak membeli laptop untuk bermain game. Mahasiswa ataupun pelajar mungkin banyak yang membutuhkan laptop untuk mengerjakan tugas-tugasnya, jadi tidak dibutuhkan jenis laptop dengan spec yang sangat tinggi, cukup untuk menyimpan data dan fitur-fitur multimedia lainnya untuk sekedar browsing, dengerin musik dan nonton film, misalnya seperti Asus UX51VZ, Dell XPS 15 (L521X), Asus G46VW-BHI5N43, Acer Aspire M5-581TG-53314G52Mass, HP Envy m6-1101sg, Samsung 700Z5C-S04DE. Lain lagi jika anada mahasiswa atau bekerja di bidang desain grafis berat seperti rendering di maya dan modelling 3D, jelas anda membutuhkan laptop dengan spec yang tinggi. Misalnya prosesor core i3 atau diatasnya, RAM 2 atau 4 GB, juga hard disk yang cukup besar. Sedangkan untuk gaming, apalagi game-game yang cukup berat, tentu di butuhkan laptop dengan spec yang tinggi, misalnya Asus G74S. Nah, sekarang tergantung anda. Untuk keperluan apa dulu anda hendak membeli laptop? kalau anda membutuhkan semuanya, untuk mengerjakan tugas kuliah atau kantor, juga suka gaming dan multimedia yang sangat berkualitas, pilih saja spec yang paling tinggi seperti Asus G74S.
  2. Sesuaikan dengan budget. Ini adalah langkah ke 2 dari 8 tips memilih dan membeli laptop/ notebook yang berkualitas dan saya rasa ini tips yang paling penting hehe… Jelas lah, seberapa tinggi spec laptop/notebook yang anda inginkan, kalau isi kantong tidak mendukung paling ujungnya cuma bisa gigit jari. Sesuaikan budget yang anda siapkan dengan jenis laptop yang anda inginkan, jika budget minim, anda masih bisa membeli laptop dengan spec yang minim namun masih sesuai dengan kebutuhan atau alternanif lainnya ada bisa membeli laptop atau notebook bekas (second).
  3. Pilih yang berukuran kecil. Ini bila tujuan anda untuk mobile, artinya laptop/ notebook selalu di bawa kemana-mana, misalnya 10 inch atau 12 inch dengan daya tahan baterai yang cukup lama dan mempunyai fitur wi-fi yang bagus.
  4. Cari spesifikasi yang lengkap. Sebelum membeli, anda harus mengetahui harga dan spesifikasi laptop yang akan anda beli, caranya gampang anda tinggal tanya mbah google dengan mengetik harga dan spesifikasi ditambah merk dan tipe laptop. Misalnya “Harga dan spesifikasi Asus G74S” . Ini penting agar anda mendapat laptop atau notebook yang anda butuhkan dan juga anda tidak tertipu dengan harga yang ada di took-toko. Anda juga bisa membaca review orang-orang yang telah menggunakan jenis laptop yang anda cari, misalnya dengan mengetik “review Asus G74S”.
  5. Ketersediaan service centre di kota anda. Cari juga ketersediaan service centre dikota anda, ini juga penting karena kalu sewaktu-waktu laptop anda mengalami masalah, anda tidak perlu jauh-jauh untuk klaim garansi atau menservicenya. Cek google, misalnya “service centre asus Bandung”.
  6. Cek garansi. Setiap produsen laptop mempunyai masa garansi yang berbeda. Asus misalnya punya garansi 2 tahun dan klaim garansinya bisa anda dapatkan dimana saja. Pengalaman salah seorang teman yang membeli Asus dari Kanada. Dia bisa mendapatkan klaim garansinya di Indonesia saat mengalami masalah. Pastikan garansi yang di berikan sesuai dengan yang tercantum dalam situs resmi. Jika anda tidak tahu alamat situs resmi berbagai produsen laptop, lagi-lagi bisa nanya mbah google, misalnya dengan mengetik “Asus indonesia”, “Acer Indonesia” dan seterusnya.
  7. Jika anda hendak membeli laptop bekas atau second, anda mesti teliti dan jangan tergiur harga. Lebih baik jika yang masih ada sisa garansi, periksa semua segel untuk memastikan laptop belum pernah di bongkar. Jangan lupa kelengkapan baterai, charger, kartu garansi dan kwitansi toko juga harus di cek. Selain itu, mesti di cek juga jack USB nya, jack charger dan penting juga untuk di test kontras dan brightness pada layar juga cek audionya. Saya sarankan anda mengunjungi tokobagus[dot]com atau berniaga[dot]com agar punya banyak pilihan dan bisa langsung membeli dari tangan pertama tanpa perantara.
  8. Membeli laptop online. Untuk anda yang sibuk dan tidak punya waktu untuk muter-muter di toko laptop, karena muter-muterpun biasanya hasilnya tidak jauh beda hehe…, kadang banyak waktu dan tenaga yang terbuang, anda bisa membelinya secara online, lagi pula saat ini sudah banyak tokok online yang aman dan terpercaya, misalnya TOKO ONE, bhineka atau klik n klik. Jangan khawatir rusak dierjalanan, karena jasa pengiriman sekarang sudah professional dan memberikan perlakuan khusus pada paket barang-barang elektronik. Jadi tinggal klik, laptop/ notebook pilihan ada datang sendiri ke rumah hihi…. Kecuali jika anda suka jalan-jalan sambil cuci mata.
Itulah beberapa saran dari saya berdasarkan beberapa kali pengalaman membeli laptop/notebook. Untuk rekomendasi, saya lebih cenderung merekomendasikan merk ASUS, karena secara kualitas selalu nomor satu menurut beberapa lembaga survey dunia dan pengalaman pribadi yang pernah membeli beberapa merk. Walaupun best seller selalu di pegang ACER. Subjektif sih, tapi mungkin bisa jadi pertimbangan untuk anda. Selain itu harganya juga terbilang pertengahan, tidak terlalu murah dan mahal juga, jika dibandingkan merk-merk lain dengan spec yang sama. 
OK, Selamat berbelanja!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar